Jumat, 26 April 2013 By: Muthia Audina

STUDY KASUS~OPERANT CONDITIONING~LEARNING


“The Miracle of Praise”

Pujian adalah suatu penguat positif yang kecil namun, memiliki keajaiban yang luarbiasa. Pujian ini merupakan hal yang berperan dan sangat penting dalam mempengaruhi bagaimana suatu perilaku meningkatkan dan berkelanjutan.Tentu saja perilaku yang dimaksud adalah perilaku yang baik. Penguat positif yaitu pujian ini tidak hanya omongan semata saja. Ini benar adanya. Siapapun yang berstatuskan makhluk hidup, pasti memiliki kebanggaan tersendiri ketika seseorang memujinya, tentang hal yang berkaitan apapun.
Kejadian hebat yang memberikan makna tersendiri dan tidak akan pernah terlupakan di masa SMA bersama guru matematika yang “dinginnya” mencapai tingkat stadium akhir itu membuat saya benar-benar lebih rajin lagi untuk belajar akibat kata-kata yang terlontar dari mulutnya. Persisnya seperti iniceritanya, ketika itu saya disuruh ke depan untuk menjawab soal yang diberikan, faktanya semua soal yang dia berikan rumitnya tak terkatakan lagi dengan kata-kata. Tetapi, untungnya di siang yang berbahagia itu saya dapat menjawab soal dengan benar, saya juga sebenarnya terkejut dan tidak menyangka. Konsekuensi yang saya dapat adalah saya mendapat pujian darinya, yang seyogiyanya Bapak itu terkenal dengan diam seribu bahasanya. “saya mendapat pujian, amazing! Amazing!”. Dari detik itu saya mulai menambah semangat saya dan selalu berusaha selama pembelajaran di kelas. Dan yaaaa… itu terbukti secara fakta dan nyata. Penguat positif itu memang menghasilkan sesuatu yang benar-benar baik dan meningkatkan saya untuk belajar lebih giat lagi.
·         Pujian karena mengerjakan soal dengan benar
hasil: peningkatan dalam respons untuk belajar yang lebih baik lagi

0 comments:

Posting Komentar