Rabu, 18 September 2013 0 comments By: Muthia Audina

PENDEKATAN EMPAT 4 P DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS


Makna dari Pengembangan Kreativitas

Mengapa kreativitas begitu bermakna dalam hidup? Mengapa kreativitas perlu dipupuk sejak dini dalam diri anak didik Anda?
Ini beberapa alasan yang mungkin detik ini juga akan menggugahkan hati Anda untuk memupuk sejak belia anak didik Anda. Berikut (silahkan dibaca):
            Pertama, karena dengan berkreasi orang dapat mewujudkan (mengaktualisasikan) dirinya, dan perwujudan/aktualisasi diri merupakan kebutuhan pokok pada tingkat tertinggi dalam hidup manusia (Maslow, 1967). Kreativitas merupakan manifestasi dari individu yang berfungsi sepenuhnya.
            Kedua, kreativitas atau berfikir kreatif sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah, merupakan bentuk pemikiran yang sampai saat ini masih kurang mendapat perhatian dalam pendidikan (guilford, 1967). Di sekolah yang terutama dilatih adalah penerimaan pengetahuan, ingatan, dan penalaran.
            Ketiga, bersibuk diri secara kreatif tidak hanya bermanfaat (bagi diri pribadi dan bagi lingkungan) tetapi juga memberikan kepuasan kepada individu.
            Keempat, kreativitaslah yang memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya. Pada era pembangunan ini kesejahteraan dan kejayaan masyarakat dan negara bergantung pada sumbangan kreatif, berupa ide-ide baru, penemuan-penemuan baru, teknologi baru.

Teori Empat P yang Melandasi Pengembangan Kreativitas

1. Teori tentang Pembentukan Pribadi Kreatif    
a.      Psikoanalisa
Teori Psikoanalisa kreativitas sebagai hasil mengatasi suatu masalah, yang biasanya dimulai sejak di masa anak-anak. Priadi kreatif dipandang sebagai seseorang yang pernah mempunyai pengalaman traumatis, yang dihadapi dengan memungkinkan gagasan-gagasan yang disadari dan yang tidak disadari bercampur menjadi pemecahan inovatif dari trauma.
  Sigmund Freud: Proses kreatif dari mekanisme pertahanan, merupakan upaya tak sadar untuk menghindari kesadaran mengenai ide-ide yang tidak menyenangkan atau yang tidak dapat diterima.
  Carl Jung: Ketidaksadaran memainkan peranan penting dalam kreativitas tingkat tinggi. Alam pikiran yang tidak disadari dibentuk oleh masa lalu pribadi. Dengan adanya ketidaksadaran kolektif, akan timbul penemuan, teori, seni, dan karya-karya baru lainnya. Proses inilah yang menyebabkan kelanjutan dari eksistensi manusia.
  Ernest Kris: Menekankan bahwa mekanisme pertahanan regresi (beralih ke perilaku sebelumnya yang akan memberi kepuasan) jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak memberi kepuasan) juga sering muncul dalam tindakan kreatif.
b.      Teori Humanistik
Teori Humanistik kreativitas sebagai hasil dari kesehatan psikologis tingkat tinggi, berkembang selama hidup dan tidak terbatas pada usia lima tahun pertama.
·         Abraham Maslow: Manusia mempunyai naluri-naluri dasar yang menjadi nyata sebagai kebutuhan. Kebutuhan itu sebagai hirarki kebutuhan manusia, dari yang terendah hingga yang tertinggi.
·         Carl Rogers: 3 kondisi dari pribadi yang kreatif, adalah keterbukaan terhadap pengalaman, kemampuan untuk menilai situasi sesuai dengan patokan pribadi seseorang, kemampuan untuk bereksperimen atau untuk ‘bermain’ dengan konsep-konsep.

2. Teori-teori tentang “Press”
a)      Motivasi untuk Kreativitas
b)      Kondisi Eksternal yang Mendorong Perilaku Kreatif

3. Teori tentang Proses Kreatif
a)      Teori Wallas
Yang menyatakan bahwa proses kreatif meliputi empat tahap:
1)      Persiapan
Seseorang mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan belajar berpikir, mencari jawaban,  bertanya kepada orang dan sebagainya.
2)      Inkubasi
Kegiatan mencari dan menghimpun data/informasi tidak dilanjutkan.
3)      Iluminasi
Tahap timbulnya “insight” atau “Aha-erlebnis”, saat timbulnya inspirasi atau gagasan baru.
4)      Verifikasi
Tahap dimana ide atau kreasi baru tersebut harus diuji terhadap realitas.
b)      Teori tentang Belahan Otak Kanan dan Kiri
4. Teori tentang Produk Kreatif
Cropley (1994) menunjukkan hubungan antara tahap-tahap proses kreatif (Wallas) dan produk yang dicapai. Ia menekankan bahwa perilaku kreatif memerlukan kombinasi antara ciri-ciri psikologis yang berinteraksi sebagai berikut:
Sebagai hasil dari berpikir konvergen atau inteligensi (memperoleh pengetahuan, dan pengembangan keterampilan), manusia memiliki seperangkat unsur-unsur mental.
“Model dari Besemer dan Treffinger”
Besemer dan Treffinger menyatakan bahwa produk kreatif dapat digolongkan menjadi tiga kategori yaitu:
1.      Kebaruan (novelty), Sejauh mana produk itu baru.
2.      Pemecahan (resolution), menyangkut derajat sejauh mana produk itu memenuhi kebutuhan dari situasi bermasalah.
3.      Elaborasi dan sintesis, dimensi ini merujuk pada derajat/sejauh mana produk itu menggabung unsur-unsur yang tidak sama/serupa menjadi keseluruhan yang canggih dan koheren.

HASIL KREATIVITAS (PERTEMUAN PERTAMA)~IMPLIKASI DARI 4 P



PENDEKATAN KREATIVITAS: EMPAT P
Ø  Pribadi (Person)
Diri saya sendiri yang bertindak dalam proses kraetif sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dan orisinal.
Ø  Proses
Proses ini dimulai dari dosen Kreativitas memberikan stimulus-stimulus berupa tisu, kertas, kertas jeruk, yang mengisyaratkan bahwa kami harus membuat apa saja dengan benda-benda itu, sesuatu yang terlintas di dalam pikiran. Proses tersebut berlangsung selama 45 menit (bagi saya itu hanya sekitar 15 menit, saya merasa 30 menit itu sedang jalan-jalan pada saat itu, tidak bersama saya). Saya benar-benar tidak bisa langsung serta merta dalam bertindak, karena tidak satu pun ide yang telintas pada waku itu, dengan terbatasnya bahan dan alat yang diberikan. Namun, saya tetap berusaha untuk menghasilkan suatu yang baru hanya dengan benda-benda tersebut. Menemukan / merasakan kesulitan-kesulitan, masalah, kesenjangan informasi, bagian-bagian yang hilang dan pertanyaan-pertanyaan (salah satu point pengertian dari proses menurut Torrance (Sternberg:1988) ). Menurut saya itulah yang dikatakan bagian-bagian dari proses, kita akan merasakan kesulitan, masalah, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kita pasti dapat menyelesaikan suatu produk, berpikir akan ada jalan keluar, di sinilah terjadi dinamika proses dalam pembuatan produk. Sebenarnya, alat dan bahan yang kurang memadai salah satu yang dapat menghambat proses jika kita tidak berpikir secara kreatif. Ada kata-kata yang mencetuskan kenapa saya akhirnya membuat benda di bawah ini, yaitu “gunakan apa saja yang ada di dalam tas mu”. Insight saya muncul dengan tiba-tiba, “ahaa”.
Ø  Pendorong (Press)
Kemampuan kreatif merupakan inisiatif yang termanifestasikan dalam kekuatannya untuk melepaskan diri dari rangkaian pemikiran yang biasa à dorongan internal (Simpson (Vernon, 1982)
Amabile,dkk (Colangelo,dkk 1994): kreativitas adalah ketrampilan berpikir kreatif + motivasi intrinsik + lingkungan sosial Kondusif .
Pendorong saya kemarin adalah internal dan eksternal. Dorongan internal berasal dari diri saya sendiri, keinginan yang kuat yang berapi-api dalam menciptakan suatu produk, walau dengan alat dan bahan yang sungguh terbatas.
Dorongan eksternal pada Kamis yang lalu adalah dosen mata kuliah Kreativitas, teman-teman yang mengambil mata kuliah ini. Hari itu benar-benar berbeda, beda dengan hari-hari sebelumnya selama kurang lebih satu tahun belajar di Psikologi, itu merupakan pembelajan pertama kalinya buat saya, unik, menyenangkan, menantang, dan berkapasitas. Dorongan eksternalnya berasal dari lingkungan, lingkungan seolah menuntut saya dalam menyelesaikan itu.
Ø  Produk
Saya membuat sebuah bingkai photo dengan bahan-bahan yang ada di depan mata saya yang terpampang dengan nyata pada Kamis yang lalu. Produk itu mestinya orisinalitas: unik / eksentris, baru, dan bermakna. Saya rasa itu unik, karena hanya dengan berbahankan kertas maka jadilah sebuah bingkai. Kemudian, aspek baru juga memenuhi untuk benda yang saya buat dengan sepenuh hati itu, alasannya adalah ide tersebut benar-benar keluar dari pikiran saya sendiri dan baru terlintas di menit-menit terakhir selama 45 menit yang diberikan. Menurut pandangan saya makna dari produk yang telah saya buat adalah sesuatu yang dapat berguna, photo-photo ditempat dengan cantiknya di dalam suatu bingkai, kemudian photo-photo tersebut tidak akan berserakan ketika kita meletakkannya di dalam bingkai.