Senin, 29 April 2013 By: Muthia Audina

CONTOH REVIEW JURNAL PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI (PIO)

JUDUL JURNAL                                      : Hubungan antara Pelecehan Seksual dengan Kepuasan Kerja dan Tekanan Kerja pada Karyawan Wanita di Tiga Universitas Negeri Kawasan Lembah Klang, Malaysia
SUMBER JURNAL                                   :   Jurnal Psikologia Vol. 7 No. 01, Februari 2012
NAMA PENULIS JURNAL                      :   Fonny Dameaty Hutagalung dan Arifin Hj Zainal
NAMA PEREVIEW JURNAL                  :   Muthia Audina
INSTANSI PEREVIEW JURNAL            :   Fakultas Psikologi USU

  1. LATAR BELAKANG PERMASALAHAN
Jurnal ini menyatakan dampak negatif akibat pelecehan seksual di tempat kerja dapat mempengaruhi motivasi, produktivitas, kepuasan kerja, peningkatan tekanan, rasa rendah diri, karir  terhambat, dikucilkan oleh kawan-kawan di tempat kerja, dan lebih parah lagi dapat merusakkan karir pekerjaan wanita yang menjadi korban bahkan bisa menyebabkan pekerja wanita dipecat atau diberhentikan bekerja. Akibat lainnya adalah dampak psikis korban seperti mudah marah, perasaan terasing, kesepian, tidak berdaya, merasa bersalah, kurang percaya diri, perasaan ketakutan, merusak kehidupan pribadi, dan putus asa (Gutek, 2003).
Dari uraian di atas mengenai pelecehan seksual dan permasalahannya maka tujuan penelitian ini adalah:
1.      Mengetahui tahap pelecehan seksual yang terjadi di tiga universitas negeri kawasan Lembah Klang, Malaysia.
2.      Mengetahui adakah hubungan pelecehan seksual dengan kepuasan kerja dan tekanan kerja.
3.      Mengetahui adakah perbedaan pelecehan seksual yang terjadi kepada pekerja dengan tiga tahap umur berbeda.
4.      Mengetahui adakah kesan interaksi pelecehan seksual dan umur terhadap kepuasan kerja dan tekanan kerja.

Berdasarkan penjelasan dan kenyataan di atas penulis perlu melakukan pengujian, maka hipotesis penelitian ini adalah :
1.      Tahap pelecehan seksual di tiga universitas negeri di kawasan Lembah Klang adalah rendah.
2.      Ada hubungan antara pelecehan seksual dengan kepuasan kerja, yaitu dengan semakin sering pelecehan seksual terjadi maka akan dapat menurunkan kepuasan kerja karyawan.
3.      Ada hubungan antara pelecehan seksual dengan tekanan kerja, yaitu dengan semakin sering pelecehan seksual terjadi maka akan dapat meningkatkan tekanan kerja karyawan.
4.      Pekerja wanita berusia 26 hingga 50 tahun akan lebih rentan dari pekerja berusia 50 tahun ke atas dalam mengalami pelecehan seksual.
5.      Ada interaksi antara pelecehan seksual dan umur terhadap kepuasan kerja.
6.      Ada interaksi antara pelecehan seksual dan umur terhadap tekanan kerja.


    II.            TEORI YANG DIGUNAKAN
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori hubungan antara pelecehan seksual dengan kepuasan kerja dan tekanan kerja pada karyawan wanita. 

 III.            METODE PENELITIAN
Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan satu set angket kepada karyawan. Sebanyak 1423 orang karyawan wanita dari kami menggunakan dua teknik pengambilan sampel, yaitu purposive random sampling dan rambang. Kajian ini dijalankan di tiga universitas Malaysia, yaitu Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Universitas Putra Malaysia (UPM), dan Universitas Teknologi MARA (UiTM).



  1. HASIL PENELITIAN
Secara garis besar hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ditolak yang menyatakan tahap pelecehan seksual karyawan wanita pada tiga universitas di tahap rendah.
2.      Ada hubungan negatif signifikan antara pelecehan seksual terhadap kepuasan kerja pada karyawan wanita pada tiga universitas negeri kawasan Lembah Klang di Malaysia, bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian diterima yang menyatakan ada hubungan antara pelecehan seksual terhadap kepuasan kerja.
3.      Ada hubungan antara pelecehan seksual terhadap tekanan kerja yang dihasilkan diterima.
4.      Menyatakan bahwa karyawan berumur 26 hingga 50 lebih dari umur 50 tahun ke atas lebih rentan mengalami pelecehan seksual.
5.      Penelitian yang ditolak menyatakan terdapat interaksi yang signifikan antara pelecehan seksual dan umur terhadap kepuasan kerja.
6.      Menyatakan terdapat interaksi yang signifikan antara pelecehan seksual dan umur terhadap tekanan kerja ditolak.

  1. CRITICAL NOTES
Ø  Pandangan Terhadap Jurnal
Dampak negatif akibat pelecehan seksual di tempat kerja dapat mempengaruhi motivasi, produktivitas, kepuasan kerja, peningkatan tekanan, rasa rendah diri, karir  terhambat, dikucilkan oleh kawan-kawan di tempat kerja, dan lebih parah lagi dapat merusakkan karir pekerjaan wanita yang menjadi korban bahkan bisa menyebabkan pekerja wanita dipecat atau diberhentikan bekerja. Akibat lainnya adalah dampak psikis korban seperti mudah marah, perasaan terasing, kesepian, tidak berdaya, merasa bersalah, kurang percaya diri, perasaan ketakutan, merusak kehidupan pribadi, dan putus asa (Gutek, 2003). Korban pelecehan seksual ini tiada semangat untuk berkembang dan memajukan diri di dalam pekerjaan. Korban pelecehan seksual akan menghadapi berbagai bentuk tekanan dalam bekerja. Pekerjaan wanita berumur 26 hingga 50 tahun lebih mengalami pelecehan seksual dibanding pekerja berumur 50 tahun ke atas. Apabila pelecehan seksual berinteraksi dengan faktor umur, namun hasil yang didapatkan tidak memberi kesan interaksi anatra pelecehan seksual dengan umur terhadap kepuasan kerja.
Secara umum jurnal ini cukup baik dalam mencoba mengeksplorasi bagaimana hubungan yang terjadi  antara tiga variabel yang diteliti. Kami rasa jurnal ini dapat di generalisasikan secara lebih khusus. Karena banyak sekali faktor menjadi acuan peneliti meneliti jurnal ini misalnya hubungan pelecehan seksual dengan kepuasan kerja, dan tekanan kerja. Semakin sering pekerja mengalami pelecehan seksual, semakin rendah kepuasan kerja dan juga semakin tinggi tekanan kerja yang dialami wanita.
Ø  Sistematika Penulisan dan Penampilan Jurnal
Adapun perbaikan dapat dilakukan dari sudut metode pelaksanaan penelitian agar keputusan penelitian lebih baik dan mendalam sebagai contoh metode interview dapat disertakan apabila telah terdapat kumpulan fokus subjek yang mengalami gangguan seksual.

DAFTAR PUSTAKA
Hutagalung, Dameaty Fonny. & Kolega. (2012). “Hubungan antara Pelecehan Seksual dengan Kepuasan Kerja dan Tekanan Kerja pada Karyawan Wanita di Tiga Universitas Negeri Kawasan Lembah Klang, Malaysia”. Jurnal Psikologia Vol. 7 No. 01



1 comments:

Poskan Komentar